Sabtu, 01 Mei 2010

PRODUK KIMIA RUMAH TANGGA

Produk Kimia Rumah Tangga
Dengan kemajuan ilmu pengetahuan yang terus berkembang, yang bertujuan memudahkan pekerjaan manusia, maka tak heran akan makin banyak pula produk-produk kimiawi yang ditemukan oleh para ahli.
Salah satu contoh adalah penggunaan pembersih kamar mandi. Kalau jaman dulu kita mungkin harus menggosok dengan mengeluarkan tenaga ekstra keras untuk membersihkan dinding bak mandi dan sekarang cukup teteskan cairan kimia di titik-titik yang akan dibersihkan, kemudian didiamkan sebentar, setelah itu baru digosok dan tentu saja tidak perlu menggunakan ekstra tenaga seperti pada saat cairan tersebut belum ditemukan.
Yang menjadi masalah adalah cairan kimia tersebut bukan cairan biasa, karena dapat melarutkan kotoran yang sangat lengket, sehingga membutuhkan penangan khusus juga. Sehingga manfaat dari cairan kimia tersebut tetap lebih besar dibandingkan dengan kerugian penanganannya, karena cairan kimia tersebut bisa beracun, mudah terbakar, menyebabkan karatan, atau bahkan meledak.

Berikut beberapa tips penanganannya :
1. Ajarkan anak bahwa tanda peringatan di bungkus atau kemasan cairan kimia tersebut adalah “berbahaya dan jangan disentuh”
2. Tempatkan cairan-cairan kimia tersebut dilemari yang terkunci atau tempat yang tidak terjangkau oleh anak
3. Tempatkan cairan-cairan tersebut sesuai dengan kemasan aslinya, jangan dipindah-pindahkan agar informasi penting di kemasannya tidak hilang
4. Pastikan tutup dengan rapat kemasan-kemasan tersebut walaupun mungkin anda akan membukanya lagi dalam waktu dekat
5. Baca dan ikuti instruksi penggunaannya untuk pemakaian yang lebih aman
6. Jangan mencampur cairan-cairan kimia tersebut, karena bisa jadi cairan tersebut menjadi lebih berbahaya untuk kesehatan.
Demikian langkah-langkah penanganan untuk produk kimiawi rumah tangga kita. Harapannya tentu saja, produk tersebut tidak merugikan kesehatan, kenyamanan dan keamanan rumah kita. Bertindak aman untuk hidup yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar