Sabtu, 08 Mei 2010

BAHAN KIMIA RUMAH TANGGA

Bahan Kimia
1. Segala sesuatu termasuk tubuh kita, terdiri dari bahan kimia
2. Bahan kimia terdiri dari bahan kimia alami dan bahan kimia sintesis. Namun demikian istilah bahan kimia lazim digunakan untuk bahan kimia sintesis.
3. Bahan kimia sintesis ada yang dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan maupun bagi lingkungan. Oleh karena itu kita perlu mengetahui sifat dan bahayanya.
4. Bahan kimia di rumah dapat berupa bahan pembersih, pemutih pewangi, dan pembasmi serangga.

Bahan Pembersih
1. Bahan pembersih dapat dibedakan atas sabun dan detergen.
2. Daya pembersih sabun dan detergen berasal dari struktur molekulnya yang mempunyai gugus hidrofil dan gugus hidrofob. Sifat molekul tersebut dapat melarutkan minyak ke dalam air atau sebaliknya.
3. Sabun dibuat dari lemak atau minyak kelapa dan natrium hidroksida/kalium hidroksida. Sabun mudah diuraikan oleh mikroorganisme sehingga tidak menimbulkan polusi air.
4. Detergen merupakan bahan pembersih sintesis. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat detergen baik LAS ataupun ABS berasal dari minyak bumi. Detergen yang berbahan dasar ABS sukar diuraikan mikroorganisme , sehingga limbahnya dapat menimbulkan buih tetap di badan-badan air.
5. Satu-satunya bahan aktif dalam sampoo adalah detergen
6. Bahan pembersih lantai mengandung detergen dan bahan disinfektan
7. Bahan penting dalam pasta gigi adalah abrasif dan detergen . Bahan lainnya, yaitu senyawa fluorida berfungsi untuk menguatkan email gigi.

Bahan Pemutih
1. Bahan pemutih berfungsi untuk memutihkan bahan pakaian.Selain itu dalam dunia industri pemutih juga berfungsi untuk memutihkan berbagai produk seperti pulp (bubur kertas),dan tepung
2. Bahan aktif dalam pemutih cair adalah natrium hipoklorit (NaCIO),sedangkan bahan aktif dalam serbuk pemutih adalah kalsium hipoklorit.
3. Pemutih dapat juga berfungsi sebagai disinfektan.
4. Bahan aktif dalam pemutih tergolong bahan yang reaktif sehingga jangan dicampur dengan sembarang zat lainnya.

Bahan Pewangi
1. Pewangi umumnya adalah aroma buah atau bunga.
2. Pewangi digunakan dalam parfum, pengharum ruangan, bahan-bahan pembersih, pelembut pakaian, dll

Bahan-bahan Pembasmi Serangga
1. Insektisida digunakan untuk pembasmi serangga di rumah, kantor, dan hama pertanian.
2. Insektisida juga beracun bagi manusia.
3. Insektisida masuk ke lingkungan melalui darat, air, atau udara.

Efek Samping
1. Bahaya yang timbul akibat penggunaan bahan kimia di rumah dapat diminimalkan jika dapat memahami sifat dan cara penggunaan bahan kimia tersebut.
2. Pertolongan pertama pada keracunan atau kecelakaan penggunaan bahan kimia dapat dilihat dalam petunjuk SIKer/Badan POM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar